Cari Rumah Indonesia

oleh Natasha Brereton-Fukui

SINGAPURA–Sektor manufaktur Asia mulai pulih, sementara inflasi relatif rendah. Hal ini akan membantu para pembuat kebijakan mengatasi permintaan jika kondisi global memburuk.

Di seluruh Asia, sejumlah indeks pembelian yang dirilis Senin kemarin menunjukkan adanya peningkatan aktivitas manufaktur, terutama di Cina. Hal ini memicu sentimen positif bagi pertumbuhan ekonomi regional dan dunia.

AFP/Getty Images
Pejalan kaki depan pembangunan sebuah gedung di Beijing. PMI Cina mencapai titik tertinggi di November selama 13 bulan terakhir.

“Pesan utamanya adalah kita telah melewati situasi terburuk dan kini memasuki tahap penguatan yang dipacu ekspor,” ujar Tim Condon, ekonom dan kepala riset ING untuk kawasan Asia.

Namun sejumlah analis memperingatkan adanya risiko permasalahan fiskal di Amerika Serikat (AS) yang bisa terjadi di Januari. Jika Kongres AS gagal menemukan solusi, maka Amerika bisa kembali mengalami resesi. Menurut Condon, ekonomi Asia bisa terkena dampak negatif dari setiap pengetatan fiskal AS walau tak separah yang mungkin dialami…

Lihat pos aslinya 459 kata lagi

Tinggalkan komentar